Jaipur Is A Rock City!

Welcome to Jaipur

Welcome to Jaipur

Indeed, Jaipur itu memang kota batu. Kenapa? Karena batu2 permata berkilau nan kinclong aneka rupa melimpah ruah di sini. Termasuk toko2 penjual batu permata yang sampe tumpeh2.

Tapi buat gw, Jaipur is a rock city…!! bukan secara harfiah.. tapi Jaipur itu keren!! Abisss!!

The Gorgeous Amer Fort

The Gorgeous Amer Fort

Jaipur itu gersang, panas, ngejreng lagi!! Agak oranye gimana gitu nuansanya. Walaupun suka disebut pink city, menurut gw lebih cocok disebut peach city coraknya. Di sini ada banyak tempat2 peninggalan sejarah, yah sebelas duabelas sih sama kota lain di India yang punya kawasan old city yang biasanya ada benteng, lengkap beserta istana di dalamnya plus monumen2, dan pasar. Tapi di sini itu beda.. Gw sukaa Jaipur..

too bad, Hawa mahal is under construction

too bad, Hawa mahal is under construction

 

 

Jal Mahal

Jal Mahal

Symmetrical Garden inside Amer Fort

Symmetrical Garden inside Amer Fort

Mirror mirror on the wall inside Sheesh Mahal (mirror palace)

Mirror mirror on the wall inside Sheesh Mahal (mirror palace)

Setiap foto gw di Jaipur rasanya keren semua! #MaafNarsis #PedeAja

Me in front of Ganesh Gate

In front of Ganesh Gate

Chillin' at jantar Mantar

Chillin’ at jantar Mantar

Pink wall at City Palace

Pink wall at City Palace

For our next album cover :D

For our next album cover 😀

Belum lagi pasarnya, Pink bazaar yang berisi deretan toko baju, sepatu, aksesoris, dan suvenir khas india, sungguh menggoda iman deh pokoqnya.. Kalau gw lebih lama dan bawa lebih banyak uang di jaipur, mungkin bisa nambah bagasi berpuluh kilo pulang dari sini.

Bazzarrrr

Bazzarrrr

Jaipur rocks, but my twist rocks more..

Gw kepengen banget kan foto bareng musisi kobra, jadi pas ada si tukang kobra, gw samperin lah. All is well, jepret kiri jepret kanan. Eh pas gw mau cabut, gw malah dipalak. Sementara gw mau kabur, itu keranjang kobra ngewer gitu aja ga ditutup.. gimana gw mau lewat coba?? Kobranya masi nari2 depan batang hidung gw.. Syereem! Bayar aja deh daripada kita dipatok ya cyyiinn.. Cost: Rs.200 Asyeem!

The Rs.200 Picture

The Rs.200 Picture

Selain kepengen foto bareng kobra, gw kan juga kepengen nonton film India di bioskop India. *banyak pengennya* Jadi datanglah gw ke bioskop heits di Jaipur. Di sini walaupun bioskopnya ala2 teater opera dan bagus, antrean tiket tetap di luar gedung. So, panas2an deh gw antre di luar, untung ada yang ladies queue. Ga nyangka gw segitunya, bela2in demi nonton film India.. Padahal gw boro2 deh suka, tau juga enggak film2nya. Gw paling tau Kuch Kuch Hota Hai dan Koi Mil Gaya karena dulu sering diulang2 di Indosiar.

Raj Mandir Theater presents Himmatwala

Raj Mandir Theater presents Himmatwala

Selain geli pada diri sendiri, sebenernya yang bikin gw lebih geli adalah, gw dan teman2 yang antre tiket itu ditontonin dan diketawain sama orang2 lokal yang juga lagi antre tiket. Lah emang kita lucu ya?? Emang situ doank yang ngefans sama film bollywood?? Kita juga lagee.. plis deh!! :p

Still pose at the ladies queue hihiihi

Still pose at the ladies queue hihiihi

Meanwhile..

Meanwhile..

Abis capek panas2an ngantre, kaget juga gw pas masuk gedung dalamnya bagus, dingin, luas, ada penjual popcorn dan minuman. Lebih kaget lagi pas masuk teaternya, ternyata benar2 teater dalam arti sebenarnya, karena gw duduk di balkon barisan paling depan (kelas premium). Mantap! Sementara ‘rakyat jelata’ menonton di bawah rame banget.

Front row seater

Front row seater

'rakyat jelata'

‘rakyat jelata’

Kagetnya belum selesai, pas film mau dimulai lampu dimatikan dan tirai layar terbuka, penonton langsung pada prikitew! Ya elah.. belum juga mulai. Nah, waktu filmnya mulai pada tepuk tangan deh tuh.. ini apa banget deh!

Mau dimulai filmnya

Mau dimulai filmnya

Pokoqnya sepanjang film, itu penuh teriakan2 prikitew dan tepuk tangan, terutama adegan pas jagoannya keluar nyelamatin cewe. Wkwkwkwk.. Pas adegan nyanyi + joged2 itu juga tepuk tangan rame banget mengikuti irama lagu.. duile..! Dan lagi2 gw dan teman2 ‘bangsawan’ di balkon ga habis2 ketawa gara2 itu.. Banyak tariannya, banyak prikitewnya, berisiklah pokoqnya. Cost: Rs.250

Oh iya gw mau mengingatkan juga, karena Jaipur itu keren makanya scam di sana juga keren. Scam yang mereka lakukan itu terselubung dan memakai nama institusi resmi. Berhati2lah sama tawaran2 dari guide resmi di sana. Gw sempat menggunakan jasa guide resmi di Amer Fort and no problem at all. Selesai memandu kita di Fort, doi langsung memandu kita ke tempat belanja. And the problem begins.. Tempat belanja ini resmi sih punya pemerintah, cuman ‘maksa’. Gw dan teman2 di’jorok’in ke satu kompleks toko tertutup yang penjagaannya ketat sekali, seketat baju2 Shah Rukh Khan di filmnya. Kompleks toko ini terdiri dari beberapa bagian, ada bagian batu2 permata, baju, aksesoris, handycraft, dll, dan kita digiring ke tiap bagian2 ini. Gw serasa lagi diospek disini. Tiap bilang “No, thank you!” Semua penjaga toko seakan mau menelan kita bulat2. Tiap ada ‘mangsa’ baru, kita baru bisa buang nafas. Fiuh! Hasilnya kita ga beli barang sepeserpun. Maaf ya, situ kayak ngebully sih dagangnya. Be careful guys! Cost: Rs.0

Tapi di antara itu semua, yang paling nyesek dari semua ke-KEREN-an Jaipur adalah kartu pos yang gw kirim langsung dari Kantor Pos Pusat Kota Jaipur dengan perangko 2 biji (sesuai anjuran si mbak pos) tidak ada yang sampai ke Indonesia satu biji pun. Total 10 kartu pos yang gw kirim, tidak ada satupun yang sampai. Dan itu sudah 1 tahun yang lalu.. Huuhuu.. Nyasar ke Samudra Hindia apa yah?? 😦 #masipenasaran

Gimana? Gimana?

Jaipur still rocks, huh? For Me, it’s still a big yes!! 😀

Yuk, main ke sini!!

Yuk, main ke sini!!

4 pemikiran pada “Jaipur Is A Rock City!

Tinggalkan Balasan

